1. NEED, sesuatu yang dibutuhkan
Jika Anda menyediakan sesuatu yang dibutuhkan orang, maka orang akan siap membeli apa yang Anda tawarkan. Karena Anda memiliki sesuatu yang dibutuhkan orang lain dan Anda menyediakannya.
Misal gini, orang pasti membutuhkan beras, sayur, dan kawan-kawannya, maka akan sangat besar peluangnya kalau Anda jual sembako
Karena itu yang dibutuhkan banyak orang setiap harinya
Terus gali kebutuhan-kebutuhan lainnya
2. SOLUTION
value kedua yang Saya tekankan adalah solusi. Ada banyak masalah di luar sana yang sampai saat ini tidak ada solusinya.
Masih ingat tentang bisnis cuci helm? Sejak kapan kita tau ada laundry untuk helm? Tetapi banyak pengendara motor yang sebenarnya punya masalah. Helmnya basah dan bau. Dan itu mengganggu.
Begitu ada bisnis cuci helm, orang mau bayar. Karena ada problem yang terselesaikan ada solusi dalam produk jasa Anda.
Maka, cobalah memulai penetapan value bisnis dengan melihat banyak problem yang dihadapi manusia.
Dan berusahalah menyelesaikannya dengan pendekatan bisnis. Maka uang akan mengalir kepada Anda.
Jadilah solusi dari problema
3. BETTER, lebih baik
Kembali ke masalah beras. Semua orang memang butuh. Tetapi pertanyaannya, ke mana orang akan membeli beras ketika banyak orang yang menjual beras. Tentu yang lebih baik.
Teorema lebih baik ini, bisa pada lebih baik harganya, lebih baik tokonya, lebih baik variannya, lebih baik kualitasnya, lebih baik supplynya, ... tergantung di titik manakah perhatian market.
4. UNIQUE
Ketika produk yang Anda tawarkan memang sama-sama dibutuhkan orang. Lalu hampir semua sama-sama baik, dan tidak ada jalan lain untuk membuatnya lebih baik, maka keunikanlah yang akan membuat Anda dipilih.
Nah, itu 4 elemen Value yang mesti Anda miliki dalam bisnis